Saturday, December 28, 2013

Asyiknya Berbelanja Via Online!



Untuk memenuhi segala kebutuhan atau keinginan tentunya harus belanja. Berbelanja merupakan salah satu aktivitas yang tidak dapat ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi pernahkah Anda berbelanja via online? Sekarang fenomena berbelanja online cukup menyita perhatian khususnya anak muda.

 Hal ini tidak terlepas dari peran media sosial yang secara tidak langsung membuka jalan bagi para penjual online ini. Salah satunya adalah Kaskus, merupakan salah satu komunitas online jual beli terbesar di Indonesia. Saat ini, Kaskus memiliki lebih dari 4,5 juta pengguna terdaftar. Di Kaskus, Anda dapat mencari berbagai jenis barang yang diinginkan seperti pakaian, celana, sepatu, jam tangan, alat elektronik, motor, mobil, bahkan rumah sekalipun. 

Tidak perlu khawatir, harga yang ditawarkan cukuplah murah. Biasanya para penjual memberikan potongan harga khusus hanya untuk produk tertentu. Ini dapat dibandingkan jika Anda membelinya di mall atau toko. Belum tentu barang yang Anda cari ada, bisa saja sold out. Jarak yang ditempuh pun cukuplah jauh. Hal ini tidaklah efisien karena menyita tenaga, waktu, dan uang. Berbeda dengan berbelanja via online, barang yang Anda inginkan dapat didapatkan ‘hanya’ dengan menekan tombol klik saja. 

            Tidak hanya Kaskus yang menyediakan lapak jual beli, Anda dapat mencari di website toko online jual beli lain seperti TokoBagus, Lazada, Zalora, dan masih banyak lagi. Selain itu, toko online biasanya menyediakan point untuk produk-produk yang ditawarkan. Point tersebut dapat dijadikan sebagai tiket untuk belanja murah atau gratis.


            Anda juga dapat membandingkan semua harga produk yang Anda butuhkan atau inginkan dari berbagai toko online. Dengan demikian, mungkin saja Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah. Pertimbangan lain dalam membeli barang di toko online adalah jaminan kualitas dan keaslian produk. Sebelum membeli barang tersebut, lebih baik tanyakan dahulu kondisi dan kualitas barang itu. Apakah barang tersebut sesuai dengan apa yang Anda harapkan atau tidak. Alangkah baiknya sebelum membeli periksa dulu gambar barang yang dijual apakah asli atau tidak. Periksa juga alamat, nomor telefon, dan jasa pengiriman yang dikirim dari penjualnya. Jika kurang yakin, terakhir Anda juga bisa memakai sistem COD (Cash on Delivery) tanpa menggunakan jasa pengiriman barang. Jadi, ini semua dilakukan agar konsumen benar-benar yakin akan kondisi dan kualitas barang, serta tidak perlu ragu dan takut untuk membelinya.

            Keuntungan lain dari belanja via online adalah dapat menekan nafsu belanja Anda. Ini dikarenakan saat berbelanja di mall atau pusat perbelanjaan, Anda mungkin sulit untuk terfokus pada tujuan utama produk yang ingin dibeli. Dan satu hal terakhir yang perlu diingat dalam berbelanja via online adalah Anda tidak perlu berbelanja sambil berdesak-desakkan. Anda cukup duduk manis di depan gadget atau komputer Anda sambil menyusuri halaman web.

            Bahkan, jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter pun kini ramai dibanjiri oleh berbagai orang atau lapak yang menjual barang dagangannya. Biasanya mereka menjualnya dengan mengiklankan bisnis online mereka lewat akun mereka sendiri. Tidak jarang pula orang lain pun ikut mengiklankan bisnis online mereka karena telah membeli barang di toko onlinenya.

            Dilihat dari segi bisnis, prospek bisnis toko online sangatlah menjanjikan. Tentu saja, semakin banyak pula orang yang bersaing untuk mendapatkannya. Apalagi, regulasi di Indonesia sangat mendukung keberadaan bisnis toko belanja online dan hubungan antar konsumen. Pokoknya hanya tinggal klik. Hemat tenaga, waktu, dan uang bukan?


Sumber:
 Tabloid Pulsa Dwi Mingguan Edisi 266 Th XI/2013/21 Agustus - 3 September

No comments:

Post a Comment