Wednesday, December 31, 2014

Desain Pemodelan Grafik

Desain Pemodelan Grafik 

Nama  : Khulafi Ahdian
Kelas  : 3IA01
NPM   : 54412096




Teori Pembuatan :
Pada pembuatan desain ini, saya menggunakan teori desain vertical simetris, dengan penempatan header , foto, dan konten yang disusun secara simetris di atas dan di bawah. Desain ini dibuat dengan menggunakan Adobe Photoshop CS4.


Header 

Pada bagian header, saya memberikan sebuah motto dari Universitas Gunadarma dengan tulisan “Becoming a Leading Information Technology Based University in Indonesia” yang mempunyai makna bahwa Universitas Gunadarma akan menjadi sebuah universitas berbasis teknologi informasi terkemuka di Indonesia. Tulisan ini menggunakan font Harlow Solid Italic berwarna kuning.

Content

Pada bagian content, terdapat 2 gambar dan 2 blok teks. Untuk bagian ini, saya menggunakan horizontal simetris dari kiri ke kanan. Blok teks pertama, saya menambahkan tulisan Gunadarma University dan motto kampus di samping kanan bawahnya dan blok teks kedua berisi alamat beserta informasi seputar kampus Gunadarma. Kedua blok teks ini, saya memberikan background berwarna ungu karena warna tersebut merupakan ciri khas dari kampus ini. Tak lupa juga, saya memberikan 2 gambar yang berbeda. Masing-masing gambar dipisahkan sedemikian rupa agar tampilan jauh lebih menarik untuk dilihat.

Footer

Pada bagian footer, saya ingin menampilkan beberapa pelatihan workshop dan kursus yang diselenggarakan oleh Universitas Gunadarma.

DASAR TEORI DESIGN

 1.    Kesatuan
Maksud dari kesatuan adalah menggabungkan beberapa unsur dan elemen agar menjadi suatu kesatuan yang saling melengkapi.

 2.    Keberagaman
Maksud dari keberagaman adalah terdapat berbagai elemen yang dimasukkan, seperti menggunakan teks, gambar, dan foto yang berbeda-beda.

 3.    Keseimbangan
Maksud dari keseimbangan adalah tata letak dalam desain ini diletakkan dengan posisi yang tepat sehingga menimbulkan keseimbangan.

 4.    Keserasian
Maksud dari keserasian adalah desain ini dapat dilihat dari pemilihan dan kombinasi warna yang dipakai agar terlihat lebih nyaman, ukuran dalam memasukkan foto-foto dan kontennya agar sesuai dengan konsep yang digunakan.

 5.    Proporsi
Maksud dari proporsi adalah bagian-bagian elemen yang digunakan di dalam desain ini. Proporsi dalam desain ini dibuat agar telihat seimbang atau tepat.

 6.    Skala
Maksud dari skala adalah ukuran dari setiap elemen yang berbeda. Skala berfungsi untuk menonjolkan konten apa yang ingin disampaikan dan mudah dilihat oleh orang.

 7.    Penekanan
Fungsi penekanan dalam desain ini adalah untuk memberikan penekanan pada informasi seputar kampus khususnya pelatihan workshop maupun kursus yang ada pada Universitas Gunadarma sehingga bagian konten tersebut lebih ditonjolkan.

  

No comments:

Post a Comment